Welcome To My Blog

Friday 12 October 2012

Tugas 1 "Softskill Bahasa Indonesia"


Nama        : Ratih Pramitasari
NPM         : 15110660
Kelas       : 3KA27
Mata Kuliah : Bahasa Indonesia 1 (Softskill)

Tugas 1 : "Bagaimana sikap generasi muda saat ini dalam melestarikan Bahasa Indonesia?"


     Saat ini sikap dan kecintaan generasi muda, termasuk pelajar dan mahasiswa, terhadap bahasa dan sastra Indonesia menunjukkan grafik menurun. Kondisi menurunnya penghargaan generasi muda terhadap bahasa Indonesia disebabkan oleh beberapa faktor, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal karena generasi muda kurang menggali dan memanfaatkan nilai bahasa, sedangkan secara eksternal dipengaruhi oleh seringnya penggunaan bahasa asing dan kecintaannya terhadap budaya asing. Padahal, saat ini banyak pihak mengakui bahwa bahasa Indonesia tidak hanya sebagai lambang dan identitas bangsa, tetapi bahasa Indonesia bahkan sebagai perekat kesatuan dan persatuan nasional.

     Hal ini sangat memprihatinkan sekali. Generasi muda lebih memilih untuk menggunakan bahasa gaul untuk percakapan sehari-hari. Sikap yang harus dilakukan generasi muda saat ini dalam melestarikan bahasa indonesia, khususnya yang berkecimpung di dunia pendididkan adalah membuat anak-anak muda memiliki disiplin berbahasa. Bahasa Indonesia yang senantiasa berkembang perlu diimbangi dengan visi dan karakter yang kokoh sebagai bahasa yang mencerminkan jati diri bangsa. Hal itu dapat diwujudkan oleh sikap kebanggaan bahasa dan sikap kesetiaan bahasa. Generasi muda, terutama pelajar adalah pionir yang perlu dijadikan sasaran utama untuk menumbuhkan sikap kebanggaan dan kesetiaan bahasa dengan menanamkan nilai-nilai kearifan lokal maupun nasional agar tidak terkikis budaya populer yang kurang sejalan dengan jati diri bangsa.

    Upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan Bahasa Indonesia :

1. mengadakan dialog interaktif melalui media siaran radio dan siaran televisi online    yang menghadirkan sejumlah pakar, pendidik, seniman, sastrawan, dan masyarakat untuk menjaring fenomena yang menghambat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta mencarikan solusinya.
   
2. mendirikan pusat dokumentasi ilmu secara online yang bisa diakses oleh semua orang di seluruh duni sebagai refrensi atau bahan pembelajaran melalui penyediaan buku-buku yang berkualitas sehingga merangsang minat dan kecintaan terhadap buku, membaca, dan menghasilkan karya.

3. meningkatkan publikasi hasil karya kaum muda baik di media internet, media massa, jurnal, ataupun dalam bentuk antologi sehingga mampu melahirkan penulis dan pemikir muda yang kritis dan aplikatif. Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan antara lain penerbitan dan peluncuran buku antologi dan kumpulan karya, serta revitalisasi blog/website.

0 comments:

Post a Comment