Welcome To My Blog

Tuesday 20 March 2012

PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL part 5

Menentukan Tingkat Pertumbuhan Ekonomi yang Dicapai
Dengan membandingkan data pendapatan nasional riil pada suatu tahun tertentu dengan pendapatan nasional riil pada masa lalu akan dapat ditentukan tingkat pertumbuhan ekonomi. Setiap negara menghendaki pertumbuhan ekonomi yang pesat sehingga kesempatan kerja penuh dapat dicapai secara terus-menerus. tetapi keadaan ini sukar dicapai. Pertumbuhan ekonomi sudah dapat digolongkan “menggalakkan” apabila tingkat yang dicapai mampu mengurangi tingkat pengangguran. Paling minimum setiap negara harus berusaha agar tingkat pertumbuhan ekonominya melebihi dari tingkat pertambahan penduduk, agar pendapatan per kapita (atau taraf kemakmuran masyarakat) dapat ditingkatkan.

Memberi Informasi Mengenai Struktur Kegiatan Ekonomi
Data pendapatan nasional yang dihitung dengan cara perbelanjaan dapat menunjukkan nilai dan komposisi perbelanjaan agregat. Dengan menggunakan data ini akan diketahui persentasi konsumsi rumah tangga, perbelanjaan pemerintah, investasi, ekspor dan impor. Maka dari data ini dapat diketahui kepentingan relatif dari berbagai jenis perbelanjaan ini kepada pendapatan nasional. Sebagai contoh : dari data pendapatan nasional Indonesia dapat dilihat bahwa pengeluaran konsumsi rumah tangga sangat penting peranannya dalam perbelanjaan agregat Indonesia.
            Data pendapatan nasional yang dihitung dengan cara produk neto memberikan gambaran tentang peranan berbagai sektor dalam perekonomian yaitu menunjukkan nilai output yang mereka ciptakan dan persentasi sumbangan berbagai sektor dalam pendapatan nasional.
            Apabila data untuk berbagai tahun dibandingkan, dapat pula diperoleh gambaran mengenai pola perubahan kegiatan ekonomi dalam negara tersebut. Dalam perekonomian yang berkembang, peranan sektor industri meningkat manakala peranan sektor pertanian merosot. Data pendapatan nasional yang dihitung menurut cara produk neto dapat memberikan informasi secara angka (kuantitatif) tentang perubahan sebenarnya yang berlaku.


( Source : MAKROEKONOMI Teori Pengantar Edisi Ketiga, Sadono Sukirno )

0 comments:

Post a Comment