Welcome To My Blog

Tuesday 20 March 2012

PERHITUNGAN PENDAPATAN NASIONAL part 4

KEGUNAAN DATA PENDAPATAN NASIONAL
Data pendapatan nasional memberikan informasi yang berguna mengenai berbagai aspek dari kegiatan ekonomi. Data pendapatan nasional pada suatu tahun tertentu memberi gambaran tentang: (i) tingkat kegiatan ekonomi negara yang dicapai dan nila output yang diproduksikan, (ii) kompsisi dari perbelanjaan angregat, (iii) sumbangan berbagai sektor dalam mewujudkan pendapatan nasional, dan (iv) taraf kemakmuran yang dicapai.
            Seterusnya, membandingkan data pendapatan nasional dari tahun ke tahun akan memberikan gambaran tentang: (I) tingkat pertumbuhan ekonomi, (ii) perubahan struktur ekonomi dan (iii) peningkatan taraf kemakmuran masyarakat. Di samping itu data pendapatan nasional berguna sebagai dasar dalam membuat ramalah dan perencanaan ekonomi di masa depan. Uraian berikut menerangkan dengan lebih mendalam berbagai kegunaan tersebut.

Menilai Prestasi Kegiatan Ekonomi
Pendapatan nasional pada hakikatnya merupakan ukuran dari sejauh mana perusahaan-perusahaan beroperasi dan mengeluarkan barang-barang dan jasa. Semakin tinggi pendapatan nasional, semakin besar jumlah output yang diciptakan dalam sesuatu negara dan semakin tinggi kapasitas barang-barang modal yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan. Kenaikan pendapatan nasional juga berkaitan rapat dengan kenaikan kesempatan kerja.
            Apabila negara tersebut membuat ramalan mengenai pendapatan nasional potensialnya, perbedaan di antara PDB-potensial dan PDB-sebenarnya akan memberi gambaran tentang sejauh mana PNB-sebenarnya adalah berbeda dengan PNB-potensialnya yaitu sejauh mana kegiatan ekonomi yang sebenarnya berbeda dengan potensi yang dapat dicapainya.
            Cara lain dalam menggunakan data pendapatan nasional sebagai pengukur prestasi kegiatan ekonomi adalah dengan melihat keadaan pengangguran dalam perekonomian tersebut. Apabila pengangguran masih tinggi tingkatnya, keadaan itu berarti pendapatan nasional yang dicapai adalah masih di bawah potensinya yang maksimum. Keadaan itu berarti kegiatan ekonomi belum mencapai taraf yang menggalakkan.

0 comments:

Post a Comment